Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Saturday, June 18, 2016

Cara Membuat Blog Gratis Dan Cepat Di Blogger

Cara membuat blog di blogger - Bagi yang ingin membuat blog di blogger.com tetapi masih bingung gimana caranya untuk setting, publish post, membuat halaman, edit template dan lain sebagainya saya akan membuat tutorialnya di sini, nah untuk tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang cara membuat blog di blogger dengan mudah dan gampang di terapkan karena cms paling powerfull untuk pertama kali ngeblog adalah blogger.com dari google.

Cara Membuat Blog Gratis Di Google

cara membuat blog di blogger

Untuk pertama kali ngeblog di blogger anda hanya butuh akun gmail saja untuk bisa mengakses dashboard blogger, untuk membuat email di gmail saya sudah menyediakan tutorial nya silahkan klik disini cara membuat email di gmail. Nah, setelah anda membuat alamat email otomatis semua produk google bisa di akses sepenuhnya oleh anda seperti google drive, email, calendar, blogger, dan lain sebagainya.

Setelah semuanya sudah siap anda juga harus menyiapkan alamat url untuk blog anda terlebih dahulu dan apa yang ingin anda posting di blog dan yang paling penting anda sudah ada ide untuk pembuatan artikel anda. Silahkan simak tutorial tentang cara membuat blog di blogger di bawah ini.

Cara Membuat Blog Di Blogger.com

Disini saya akan menjelaskan tutorial cara membuat blog di blogger dengan lengkap sampai selesai, mungkin post ini agak panjang jadi silahkan di pahami terlebih dahulu dan di baca pelan pelan saja dulu.
1. Silahkan buka blogger melalui link ini blogger.
2. Setelah terbuka anda akan melihat halaman blogger, untuk pertama kali membuka blogger anda akan di tanya mengenai author untuk blog anda ada pilihan buat profil google plus dan profil blogger terbatas, untuk pemilihan saya sarankan untuk membuat profil google plus terlebih dahulu agar nanti postingan bisa di share ke google plus yang bisa membantu blog anda bersaing di mesin pencari.
3. Setelah mengisi data data yang ada di pembuatan profil google plus anda akan di arahkan ke dalam halaman blogger tadi, silahkan klikk buat blog baru, lihat gambar di bawah.
 cara membuat blog di blogger
4. Setelah mengklik blog baru anda akan di suruh mengisi judul, alamat blog dan pemilihan template dasar blog, silahkan isi sesuai apa yang ada di pikiran anda, untuk judul blog silahkan buat sesuai pemilihan topik yang ingin di tulis ke blog dan pemilihan alamat silahkan isi sesuai keinginan anda, bagi alamatnya yang tidak bisa di daftarkan mungkin sudah di ambil oleh orang lain jadi silahkan pilih alamat blog yang lain dan pemilihan template saya sarankan pake yang default dulu. Lihat gambar di bawah.
 cara membuat blog di blogger
5. Nah setelah semuanya terisi silahkan klik tombol buat blog yang berwarna orange lalu setelah anda klik anda akan di arahkan ke dashboard blog yang anda buat tadi. Lihat gambar di bawah.
 cara membuat blog di blogger
6. Kalau sudah ke dashboard blog jangan membuat entri dulu atau mengeposkan, silahkan pergi ke setelan blog terlebih dahulu untuk setting bagian bagian dasar blog yang penting seperti title, deskripsi blog, dan preferensi penelusuran, bagi yang bingung silahkan lihat gambar di bawah ini.
cara membuat blog di blogger
7. Nah kalau bagian setting sudah di klik maka akan muncul gambar seperti gambar di atas, nah silahkan untuk pengisian lihat detail detail pengisian yang saya quote di bawah ini.
  • Tab dasar :  judul dan deskripsi harus di isi, untuk pengisian judul sudah otomatis terisi karena sudah di isi terlebih dahulu ketika mau membuat blog dan untuk deskripsi isikan sesuai keinginan anda.
  • Tab pos, komentar dan berbagi : ini adalah optional atau tidak terlalu penting, tab ini berfungsi untuk melimit jumlah post yang ada di laman utama, memberikan pesan komentar di dalam komentar box, dan fitur berbagi postingan ke dalam google plus, serta fitur moderasi komentar di blog.
  • Tab email : ini juga tidak terlalu penting, saya juga masih bingung dengan fungsi dari tab ini tetapi menurut saya ini kayaknya untuk posting melalui email.
  • Tab bahasa dan performatan : ini juga penting sekali untuk blog, di dalam tab ini ada pilihan pemilihan bahasa yang akan di gunakan untuk blog serta pemformatan tanggal dan waktu.
  • Tab preferensi penelusuran : ini juga sangat penting bagi blog anda yang ingin tampil di mesin mencari atau yang ingin blog nya di index oleh mesin pencari, untuk pengisian saya sarankan hanya mengisi meta description untuk blog, untuk pengisian meta description silahkan isi sesuai topik blog anda. Dan untuk kesalahan dan pengalihan itu adalah untuk mengatasi permalink yang 404 not found di ganti dengan permalink yang baru itu untuk pengalihan khusus, dan untuk pesan khusus untuk laman tidak di temukan itu adalah 404 not found atau halaman tidak ada, anda bisa mengcustom pesan kesalahan tersebut sesuai selera anda dan bagian perayapan dan pengindeksan itu saya sarankan jangan di utak atik karena itu adalah bagian pengisian robots.txt dan tag tajuk robot khusus.
  • Tab lainnya : ini adalah tab seting yang lain, di dalam tab ini isinya adalah untuk mengimpor konten atau mengekspor konten blog dalam bentuk format xml, dan anda juga bisa menghapus blog anda melalui tab ini serta setting rss feed untuk blog anda dan bisa juga mengisi kode google analytics untuk memonitoring blog. 
8. Nah ketika semua sudah di setting, baru bisa memposting blog, mungkin tab setting juga bisa di abaikan kok jadi ketika anda membuat blog anda juga bisa langsung ke tab entri baru untuk membuat posting, tetapi saya menyarankan untuk mensetting blog terlebih dahulu. Bagi yang ingin memulai membuat postingan untuk blog silahkan klik tab entri baru, lihat gambar di bawah.
cara membuat blog di blogger
9. Ketika tab entri baru sudah di klik anda kan di arahkan ke bagian penulisan posting blog, lihat gambar di bawah.
    cara membuat blog di blogger
10. Silahkan anda menulis postingan pertama anda, dan jangan lupa untuk penulisan postingan ada juga panduannya, untuk panduan saya belum menulis panduannya mungkin lain waktu akan saya update.

Oke mungkin cukup sampai disini postingan saya tentang cara membuat blog di blogger, bagi yang ingin bertanya tanya atau mengalami kesulitan silahkan berkomentar, semoga bermanfaat, dan semoga sukses blognya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Blog Gratis Dan Cepat Di Blogger