Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Friday, June 24, 2016

Cara Menjadi Hacker Untuk Pemula

Artikel ini mungkin tidak ada kaitannya dengan tutorial blog dan seo maupun website tetapi artikel ini adalah artikel yang saya khususkan untuk anda yang ingin sekali menjadi hacker handal dan profesional. Nah, sebelum itu anda harus mengenal attitude terlebih dahulu sebagai hacker dan apa yang hacker lakukan, dan jangan seperti anak anak atau biasa di kenal bocah koar koar di sosmed yang mengatasnamakan dirinya sebagai hacker dan befoto di samping pc atau laptop dengan ngeping google, asal anda tahu dengan anda berfoto seperti itu bukan membuat diri dikenal malahan sebaliknya anda akan di tertawakan oleh senior dan di bully di sosmed. Nah oleh karena itu saya akan menjelaskan tentang cara menjadi hacker yang baik dan benar.

Cara Menjadi Hacker

cara menjadi hacker

Memang, hacking atau peretasan system ini sering identik dengan seorang kriminal atau pelaku tindak kejahatan cyber crime bila ilmu ini tidak digunakan secara baik, oleh karena itu basic atau kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang hacker adalah tata krama. Untuk hacker profesional atau bukan hacker abal abal (yang suka pamer foto di samping pc dengan cmd ping google atau koar koar gak jelas di sosmed) mereka selalu menyembunyikan identitasnya di khalayak publik karena mereka ingin identitasnya tidak boleh di ketahui oleh orang lain.

Hacker adalah mereka yang mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau program, mereka punya etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. Sedangkan Cracker adalah mereka yang mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan bagi dirinya atau kelompoknya. Dan asal anda tahu, hacker sejati adalah orang yang selalu bekerja keras dan tidak pernah menyerah sedikitpun dan lagi tidak pernah pamer kemampuan karena pamer kemampuan akan menjerumuskan ada kedalam dosa karena anda menjadi orang yang sombong.

Nah disini saya akan menjelaskan cara menjadi hacker untuk pemula yang ingin sekali terjun ke dunia ini dan dari tulisan ini adalah tulisan yang saya ambil dari berbagai sumber di internet untuk menghindari kesalah pahaman.

Dasar Dasar Untuk Menjadi Hacker Adalah Sebagai Berikut.

1. Berpikirlah Seperti Seorang Hacker

Hal ini adalah hal paling penting yang harus di miliki oleh seorang hacker yaitu attitude, seorang hacker selalu memiliki pemikiran tentang menganalisa suatu masalah kemudian memperbaikinya dan tidak merusak dan mereka memiliki kemampuan membuat sesuatu sistem. Seorang hacker juga memiliki sikap tolong menolong dan saling membantu satu sama lain tanpa membedakan suku, ras dan agama.

Untuk menjadi hacker anda harus diakui oleh orang lain atau hacker, seseorang tidak dapat menyebut dirinya sendiri sebagai hacker sampai orang lain (hacker) menyebut dirinya sebagai hacker. Untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain anda harus ikut berkontribusi ke dalam komunitas hacking, untuk berkontribusi anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini, yaitu:
  • Membuat perangkat lunak atau software secara terbuka yaitu semua kode sumber (source kode) bisa di unduh secara bebas dan memiliki hak cipta creative common atau ini seringkali di sebut open source atau kode sumber terbuka, nah jika anda menggunakan windows itu adalah sistem operasi tertutup atau propietaried software dan itu adalah closed source atau kode sumber tertutup, untuk bisa mencari suatu software open source anda bisa menjumpainya di linux, karena sebagian besar software software di linux adalah open source semua seperti gimp, inkscape, blender, open office, dan lain sebagainya dan di windows juga ada tapi relatif sedikit.
  • Berkontribusi di dalam dunia open source dengan cara bergabung ke komunitas pengembangan software open source seperti vlc media player, mozila firefox, dan lain sebagainya dan ikut untuk menyempurnakan software tersebut dengan cara melakukan report bug atau bisa juga melakukan debugging.
  • Berbagi informasi atau pengalaman di dunia hacking, seperti poc (piye om carane) dengan segala sesuatu yang anda lakukan di dunia hacking, karena ilmu yang bermanfaat adalah suatu kehidupan di dunia yang akan terus mengalir ketika kita mati, karena suatu perkara manusia akan terputus ketika dia sudah mati kecuali, amal jariyah, ilmu yang bermanfaat dan doa doa anak soleh. Nah untuk ilmu ilmu ini contohnya adalah bagaimana anda membuat suatu sistem dan bagiaman cara menganalisa dan memperbaikinya.
  • Berikan bantuan atau biasa di sebut donasi kepada non profit organization seperti pengembangan software open source atau terbuka karena dari bantuan anda mereka atau orang orang yang mengembangkan perangkat lunak terbuka akan merasa senang dan bersemangat lagi dalam pengembangan perangkat lunak terbuka atau open source.
Nah, memang cara cara di atas harus dilalui melalui tahap belajar, karena untuk bisa seperti apa yang saya tulis di atas anda harus mengetahui suatu bahasa pemrograman, apa itu? silahkan lihat point nomor dua.
2. Pelajari Bahasa Pemrograman

Hal ini adalah hal yang di haruskan atau pondasi untuk menjadi hacker, mustahil bila anda ingin menjadi hacker tetapi skill atau pengetahuan tentang bahasa pemrograman anda nol. Untuk belajar menguasai bahasa pemrograman saya sarankan untuk belajar satu persatu dulu dan jangan belajar secara banyak dalam waktu singkat hal itu akan membuat anda tidak akan konsen.

Untuk belajar bahasa pemrograman anda bisa mengunjungi situs yang menyediakan pembelajaran tentang pemrograman atau membaca dokumentasi yang sudah di tulis oleh pembuat bahasa pemrograman, untuk belajar pemrograman saya sarankan anda belajar pascal dulu karena bahasa ini adalah sangat cocok untuk pemula karena pemrograman ini bersifat terstruktur dan sangat mendekati bahasa manusia, dan kemudian setelah paham bahasa pascal otomatis algoritma anda meningkat. Nah, setelah belajar pascal anda harus bisa tahu apa itu string, array, variable, tipe data, looping atau perulangan serta basic basic yang harus di ketahui untuk belajar bahasa pemrograman. Untuk bahasa pemrograman saya akan membuatkan referensi tentang bahasa pemrograman yang sangat cocok untuk anda pelajari, yaitu:
  • Python
  • Java
  • C/C++
  • PHP
Nah, mungkin cuma itu bahasa pemrograman yang saya sarankan, memang saya sangat jatuh cinta dengan ke empat bahasa pemrograman tersebut tetapi skill saya masih di bawah anda, karena saya hanya mempelajari basicnya.

3. Gunakan Dan Pelajari GNU/Linux

Mungkin bagi anda yang sekarang ini masih menggunakan windows, memang windows juga bisa di gunakan untuk hacking tapi software software yang digunakan kebanyakan software software berbayar seperti acunettix, dan ada juga beberapa software yang gratis tapi itu masih jarang kebanyakan software software hacking ada di linux semua seperti nmap, wireshark, sqlmap, dan lain sebagainya.

Nah ini adalah alasan mengapa anda harus menggunakan dan mempelajari GNU/Linux. Untuk mempelajari linux sangat mudah kok, pelajari basic basic terminal terlebih dahulu seperti membuka direktori dengan mengetikan "cd" membuat direktori baru dengan mengetikan "mkdir" dan lain sebagainya. Untuk operation system linux saya sarankan untuk anda yang memang sangat tertarik di dunia hacking saya ada beberapa os yang cocok untuk kegiatan hacking, yaitu:
  • Kali Linux
  • Backbox
  • Black Arch
Nah, bagi yang belum mengerti atau belum mahir menggunakan GNU/Linux saya sarankan menggunakan linux mint terlebih dahulu untuk mempelajari GNU/Linux ini karena dari segi UI/UX sangat mendekati windows.

4. Pelajari Pemrograman Web

Nah, hal hal dasar terakhir yang harus dimiliki oleh hacker adalah mempelajari bahasa pemrograman web. Di dunia yang serba modern ini mungkin internet sudah menjadi kebutuhan sehari hari, hal ini sudah saya rasakan untuk sekarang ini, karena ketika internet tidak ada di rumah pikiran saya seperti mengambang atau sangat mudah bosan, haha. Untuk mempelajari pemrograman web ada dasar dasar yang harus dilakukan yaitu, mempelajari html terlebih dahulu, memang html bukanlah bahasa pemrograman tetapi ini adalah bahasa markup atau bahasa inggrisnya markup language, karena html terdiri dari elemen elemen dan atribut di setiap tagnya.

Untuk mempelajari html secara lengkap anda bisa mengetikan kata kunci ini di google "learn html" disitu akan muncul situs w3schools, situs itu menurut saya sangat lengkap tetapi ada kelemahannya, bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris, tetapi anda tidak usah khawatir karena sudah ada alat penerjemah dari google yaitu google translate. Atau bisa menggunakan metode saya ketika belajar html yaitu, dengan membaca secara fokus dan memahami dengan logika, dan mencoba contoh contoh dari tag tag html tersebut.

Ingat, kalau anda ingin menjadi hacker anda mau tidak mau harus bisa bahasa inggris, kalau tidak anda akan di bully ketika memasuki forum underground oleh mereka (grammar nazi) haha, lalu bagaimana cara belajar? gampang kok tinggal mencari kenalan orang bule di sosmed atau forum atau yang lain deh dan sapa dia dan berbincang bincanglah dengan dia, lama kelamaan anda juga bisa bahasa inggris.

Oke,  Lalu Hal Yang Harus Di Pahami Oleh Seorang Hacker Adalah.

1. Logika

Sama hal nya dengan seorang programmer, hacker juga harus mempunyai logika untuk memecahkan sebuah masalah, dengan logika suatu masalah bisa cepat terselesaikan. Logika yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman adalah OR, AND, NOT, XOR, NAND, dll. Beberapa program tersusun atas komponen program IF..THEN…ELSE, FOR..TO..DO, WHILE , CASE..OF dan lain-lainnya. Logika ini kemudian akan dikolaborasikan dengan matematika untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai Benar (True) atau Salah (False) seperti (<, >, =, +, -, dll).

2. Perangkat Keras (Hardware)

Hal ini adalah hal yang wajib di ketahui oleh hacker, mereka harus mengetahui perangkat keras karena perangkat keras adalah sumber dari terbentuknya suatu teknologi dan sistem. Nah, ketika anda sudah paham tentang hardware maka anda akan bisa membuat sistem anda sendiri, beberapa perangkat keras dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:
  • Input Device (Perangkat Keras Masukan) adalah media yang digunakan untuk memasukan suatu data dari luar komputer ke dalam komputer, contohnya adalah keyboard, mouse.
  • Process Device (Perangkat Keras Pemrosesan) adalah media yang digunakan untuk mengolah hasil dari masukan menjadi pengeluaran (input output) atau mengolah informasi, contohnya adalah cpu.
  • Output Device (Perangkat Keras Keluaran) adalah media yang digunakan untuk tempat pengeluaran suatu inputan pengguna yang sudah di proses oleh cpu, contohnya adalah monitor, speaker.
  • Storage (Penyimpanan) adalah media yang digunakan untuk menyimpan informasi atau data data dari pengguna, seperti harddisk, usb flash drive, atau solid state drive.
  • Periferal (Perangkat Keras Tambahan) adalah media tambahan atau dukungan untuk pemrosesan perangkat keras, contohnya adalah modem, usb.
Ketika sudah memahami perangkat keras, anda juga harus memahami perangkat lunak dengan point nomor 3 dibawah ini.

3. Perangkat Lunak (Software)

Seorang hacker harus bisa membuat intruksi intruksi kepada hardware untuk melakukan perintah-perintah yang ingin dilakukan. Untuk memberikan intruksi kepada hardware anda harus mempelajari software terlebih dahulu, dan software ini dibangun melalui bahasa pemrograman yang kemudian bahasa pemrograman tersebut di compile ke dalam bahasa mesin, seperti 0 1 dan analog. Dasar dari bahasa pemrograman adalah assembly. Untuk urutan bahasa pemrograman dibagi menjadi 4 bagian yaitu:
  • Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110.
  • Bahasa Tingkat Rendah (ASM) atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  • Bahasa Tingkat Menengah (C), yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  • Bahasa Tingkat Tinggi (HTML, XML, JSP, JAVA, VB, PASCAL, DELPHI, C#, F#, PHP, ASP, SQL, ORACLE, PYTHON, PERL, dll) yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Selain mempelajari perangkat lunak, anda juga harus mempelajari networking atau jaringan karena dengan ini kita bisa saling terhubung satu sama lain dengan cepat yang akan saya bahas di point nomor 4.

4. Jaringan (Networking)

Nah, seorang hacker sejati harus tahu mengenai networking atau jaringan karena hal ini adalah membuat kita terhubung satu sama lain oleh frekuensi yang kasat mata, ketika anda sudah mahir di dalam jaringan maka anda bisa dengan mudah melakukan setting atau konfigurasi suatu jaringan, memegang kendali jaringan, serta mengeksploitasi jaringan.

Pada jaringan inilah banyak protokol komunikasi yang digunakan sehingga perlu juga untuk dipelajari seperti TCP, HTTP/S, FTP/S, dll. Apabila jaringan berada didalam kendali, maka seluruh informasi yang mengalir didalamnya akan sangat mudah untuk didapat, ditambah, diubah, bahkan untuk dihapus sekalipun.

5. Kriptografi (Cryptography)

Seorang hacker memiliki tantangan dalam hal kriptografi, karena saat ini hampir seluruh transaksi komunikasi sudah menggunakan cryptography sebagai jembatan pelindung. Dengan modal logika yang matang maka cryptography dapat lebih mudah untuk dipelajari walaupun dalam struktur yang sulit. Seorang hacker memerlukan pengetahuan kriptografi untuk menjaga aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan informasi, keabsahan informasi, integritas informasi, serta autentikasi informasi dan bahkan untuk mendapatkan dan menerjemahkan informasi itu sendiri.

Ada banyak model kriptografi yang saat ini sudah banyak berkembang yaitu MD5, SHA, DES, AES, Base64, IDEA, BLOWFISH, RSA, Dll. Kriptografi ini banyak digunakan untuk konfigurasi, penyimpanan data dalam database, dan komunikasi transaksi pada jaringan. 

Penutup

Oke, mungkin cukup sekian tentang beberapa cara menjadi hacker untuk pemula, oh wait! kok gak ada caranya? nah itu tantangan anda bro, implementasikan beberapa point point yang saya bahas di atas bila anda ingin menjadi hacker, memang harus dibutuhkan waktu yang cukup lama, tapi ilmu yang didapat pun sangat bermanfaat. Memang saya tidak mahir dan sangat pemula di bidang ini, mungkin artikel ini memiliki kesamaan dengan artikel yang berada di laman paling atas dengan pencarian "cara menjadi hacker" tetapi saya tidak copas mutlak kok saya hanya mengambil beberapa point yang penting saja, karena saya masih pemula di bidang ini dan saya tidak ingin menyesatkan pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://norma07dp.wordpress.com/2014/09/04/cara-mudah-menjadi-hacker-handal-dan-profesional/ dengan penulisan ulang dan pengeditan seperlunya sesuai pengalaman saya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menjadi Hacker Untuk Pemula

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik yang saya bahas di atas, selalu patuhi rules yang ada di blog ini, hanya komentar cerdas yang saya aprove, komentar yang bermaksud untuk spam tidak akan saya publish, jadilah pembaca yang baik, terima kasih.