Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Tuesday, June 21, 2016

Cara Mendapat Uang Dari Blog Untuk Pemula

Mungkin anda bertanya tanya tentang kok bisa banyak artikel bertebaran di internet dan kebanyakan artikel tersebut berkualitas serta bermanfaat bagi pembaca dan apakah penulis hanya menulis doang untuk memanfaatkan waktu luang? nah pertanyaan ini mungkin sering di tanyakan oleh orang yang belum tahu cara mendapatkan uang dari blog, jawabannya simple aja yaitu: memang mereka hanya menulis untuk mengisi waktu luang atau mereka menulis dan mendapat uang dari sana (blog).

Cara Mendapatkan Uang Dari Blog

cara mendapat uang dari blog

Memang, bagi yang belum tahu mengenai monetize blog mungkin anda hanya membuat blog saja dan mengisinya dengan beberapa artikel saja dan blog itu langsung anda tinggal, itu berdasarkan pengalaman saya. Di blog selain bisa untuk saling membantu satu sama lain, anda bisa mendapatkan uang dari situ dengan cara memasang iklan, nah ini adalah teknik yang sangat populer untuk mendapatkan uang dari blog.

Namun masih banyak beberapa kendala, mungkin dari visitor blog yang tetarik untuk mengeklik iklan tersebut apakah banyak atau sedikit? atau bahkan tidak ada yang nge klik sama sekali, walaupun visitor blog ribuan perharinya tetapi manajemen iklan buruk hal itu bisa mempengaruhi tingkat kinerja iklan yang anda pasang di blog. Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari blog untuk pemula. Mungkin, ada beberapa metode di artikel yang saya buat ini yang saya pribadi belum mencobanya tetapi metode ini sudah terbukti di kalangan blogger lain, jadi saya tidak bermaksud menyesatkan pengunjung tetapi saya hanya membantu pengunjung blog ini untuk bisa mendapat uang dari blog.

Tetapi, bagi yang fokus di dunia internet marketing seperti menjadi blogger, banyak tantangan yang harus di hadapi dan jangan sesekali berpikiran, mendapat uang dari blog itu gampang atau bisa secara cepat mendapat uang dari blog, hal itu salah. Saya pribadi harus menunggu waktu bertahun tahun untuk bisa mendapat uang dari blog, mengapa hal itu salah? penjelasan singkatnya ini, ketika kita membuat blog atau blog tersebut masih baru, kita harus atau mau tidak mau mencari visitor untuk blog tersebut baik dari mesin pencari maupun yang lain, nah mencari visitor yang loyal itu sangat sulit banget menurut saya, karena artikel kita harus sangat berkualitas dan sangat bermanfaat di mata mereka agar mereka selalu mengunjungi blog anda.

Cara Mendapat Uang Dari Blog Untuk Pemula

Berikut beberapa metode atau pilihan untuk memonetisasi blog anda baik blog bule atau bahasa inggris maupun blog berbahasa indonesia, ingat ilmu manajemen harus anda kuasai ketika memonetisasi blog agar blog anda bisa sukses seperti apa yang anda targetkan.
1. Pasang Iklan 
Ini adalah teknik yang sangat populer di kalangan blogger, mereka hanya menyediakan space iklan di blognya untuk mendapat uang dari blog, space iklan bisa di dapat dari sidebar, header maupun artikel, nah untuk menjalankan ini ada beberapa tipe pemasangan iklan yang sangat populer hingga sekarang ini, yaitu advertising network dan direct advertising. Berikut beberapa penjabaran mengenai teknik ini.
  • Advertising Network : Advertising network adalah penghubung atau broker yang dimana menghubungkan jaringan pengiklan antara advertiser dan publisher. Untuk menjalankan metode ini anda hanya perlu mendaftar di penyedia advertising network seperti google adsense, klik saya, bidvertiser, maupun yang lainnya. Kebanyakan penghasilan yang di dapat berdasarkan tingkat cpc atau cost per click.
  • Direct Advertising : Direct advertising adalah dimana kita menawarkan space iklan kepada pengunjung atau kita membuat tawaran iklan mandiri di blog. Untuk penghasilan memang jauh lebih tinggi dari ppc karena iklan yang terpasang adalah iklan tetap yang sudah di tetapkan harganya pada saat pemasangan iklan dengan pengiklan. Untuk harga per iklan, mungkin di dasarkan pada tingkat pengunjung blog atau tingkat lebar iklan tersebut.
Mungkin ini yang menjadi beberapa para blogger sangat tertarik dan menekuni di bagian ini, karena dengan hanya menampilkan iklan di blog dan ketika ada visitor yang klik iklan kita otomatis mendapat komisi.
2. Mengikuti Program Affiliasi
Affiliasi adalah metode mendapatkan uang dari blog dimana kita mempromosikan produk atau jasa orang lain di blog kita, untuk menjalankan program ini kita hanya di beri sebuah link affiliasi yang dimana ketika ada yang tertarik untuk ngeklik dan membeli barang atau jasa maka anda akan mendapat komisi sesuai kesepakatan sebelumnya, tapi untuk affiliasi, hanya klik link affiliasi saja tidak bisa mendapatkan komisi karena harus ada leadnya terlebih dahulu agar anda bisa mendapat komisi. Untuk bisa bergabung di program affiliasi ini adalah anda harus mendaftar dulu di program affiliate network seperti cpa atau bisa juga di beberapa situs jual beli yang menyediakan program affiliasi seperti lazada, hostgator, amazon, dan lain sebagainya.
3. Paid Review
Paid review adalah metode dimana kita mendapatkan komisi ketika mereview produk atau jasa yang di tawarkan sebelumnya melalui postingan blog. Untuk artikel paid review anda juga hanya perlu mencari orang yang ingin produk atau jasanya di review oleh blogger pada umumnya, penghasilan dari paid review bisa cukup banyak juga berdasarkan orang yang menawarkan anda mereview produk atau jasanya tersebut.
4. Menjual Produk 
Nah, ini adalah teknik andalan saya yaitu menjual produk, untuk menjual produk anda hanya perlu memiliki produk sendiri baik itu produk fisik maupun produk digital. Anda hanya perlu mendapatkan pengunjung saja di blog dan menawarkan produk apa yang anda jual, untuk penjelasan mengenai tipe produk yaitu produk fisik dan digital, perbedaan yang menonjol adalah dari tipe produk tersebut, produk fisik yaitu produk yang terlihat dan nyata dan produk digital adalah produk yang terlihat tetapi tidak nyata, untuk contoh dari produk fisik dan digital adalah, produk fisik seperti anda jualan barang secara online dan produk digital seperti anda jualan ebook, theme atau plugin. Untuk menjual produk, saya hanya menjual theme atau template baik wordpress maupun blogger karena hal ini menurut saya gampang karena hanya mendesign saja, untuk harga yang saya tawarkan sekitar $5-$25 per theme, untuk jual theme bisa di themeforest atau membuat website sendiri.
5. Menawarkan Jasa
Nah, hal ini sama seperti anda menjual produk yang sudah saya bahas sebelumnya, tetapi bedanya anda hanya menjual jasa anda saja. Nah untuk jasa anda hanya butuh skill atau keahlian yang sudah anda kuasai, untuk jasa yang populer adalah jasa pembuatan website, jasa pembuatan template dan jasa seo website. Harga untuk jasa yang saya contohkan di atas adalah sangat tinggi sekali dan untuk tingkat persaingan sangat banyak.

6. Program Membership
Untuk program ini, anda hanya membutuhkan pengalaman atau skill anda di bidang yang anda geluti, nah untuk mendapatkan uang dari bidang itu anda hanya perlu memberikan konten premium di blog sobat dan ketika visitor ingin mengaksesnya visitor hanya perlu membayar sejumlah uang kepada anda untuk bisa melihat semua isi konten premium yang anda berikan, untuk program ini memang uang yang di hasilkan cukup banyak dan bisa rutin setiap bulan tergantung dari berapa banyak orang yang tertarik ingin menjadi member anda.

Penutup

Mungkin, cukup sekian penjelasan saya mengenai cara mendapatkan uang dari blog untuk pemula, mungkin masih banyak lagi metode metode yang sangat bagus untuk blog anda, tetapi metode metode yang saya tulis di atas adalah sudah cukup populer di kalangan blogger pada umumnya, bagi yang ingin bertanya silahkan berkomentar, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mendapat Uang Dari Blog Untuk Pemula

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai topik yang saya bahas di atas, selalu patuhi rules yang ada di blog ini, hanya komentar cerdas yang saya aprove, komentar yang bermaksud untuk spam tidak akan saya publish, jadilah pembaca yang baik, terima kasih.