Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Monday, June 20, 2016

Fitur Pencarian Yang Tersembunyi Di Google Terbaru

Pencarian tersembunyi google - Seperti yang kita ketahui, google adalah mesin pencari terpopuler di internet. Hanya mengetikan kata kunci saja google sudah memberikan hasil penelusuran yang seperti kita inginkan, akan tetapi ada banyak fitur pencarian yang tersembunyi di google dan kita belum mengetahuinya, apakah itu? yuk simak penjelasan saya di bawah ini.

Kata Kunci Google Ajaib

pencarian tersembunyi google

Untuk bisa mencari fitur pencarian tersembunyi maka kita harus mencari situs yang membahas tentang beberapa fitur ini, tetapi anda tidak usah khawatir saya akan membahasnya disini. Untuk bisa mencari informasi yang anda butuhkan anda menulis hanya dengan kata kunci yang anda butuhkan dan ketika anda sudah mencarinya otomatis google akan menampilkan beberapa situs yang sesuai dengan kata kunci anda.

Tapi hal itu kurang efektif menurut saya karena google adalah mesin pencari, ketika kita hanya menulis kata kunci saja maka ada banyak hasil penelusuran yang tidak sesuai dengan apa yang anda inginkan, misal anda mencari tentang gambar mobil bmw maka di google menampilkan apa yang ada di kata kunci yang anda ketik dan ada banyak penelusuran yang tidak sesuai dengan kata kunci anda. misal kata kunci anda gambar mobil bmw maka selain gambar mobil disitu juga menampilkan hasil tentang harga mobil bmw, spesifikasi mobil bmw dan seterusnya selama penelusuran tersebut berdasarkan kata kunci yang anda ketik.

Untuk bisa mencari informasi sesuai dengan apa yang anda butuhkan anda membutuhkan filter mesin pencari, ya ini adalah hal yang saya maksud dari pencarian tersembunyi google. Dengan memfilter kata kunci anda bisa mencari informasi di google dengan hasil penelusuran sesuai yang di inginkan dan tak kalah penting lagi semua hasil penelusuran di google akan sama berdasarkan filter penelusuran anda, untuk lebih jelasnya saya akan memberi satu contoh, misal anda ingin mencari gambar gambar mobil bmw keluaran terbaru di tahun 2015 nah anda harus memfilter kata kunci tersebut dengan cara memberikan filetype:jpg ke baris terakhir keyword yang anda bidik, untuk lebih jelasnya mengenai fitur fitur tersebut, silahkan simak beberapa point penjelasan saya yang saya bahas di bawah.

Beberapa Fitur Pencarian Yang Tersembunyi Di Google

Disini saya akan menjelaskan mungkin beberapa fitur saja yang untuk saat ini sedang populer, mungkin masih banyak fitur fitur yang belum saya tulis di blog ini tetapi anda tidak usah khawatir karena saya akan mengupdate fitur fitur tersebut kalau saya menemukan fitur yang tersembunyi lagi.
1. Kalkulator 
Google juga bisa menyediakan fitur pencarian yang dengan hanya mengetikan angka serta format penghitungan, google akan menampilkan kalkulator tersebut. Contoh anda ingin membagi angka seratus dengan angka sepuluh maka anda harus mengetik kata kunci seperti ini di google "100:10" lalu secara otomatis google akan menampilkan kalkulator, nah ketika kalkulator sudah muncul maka kita tidak perlu mengetikkan angka serta format perhitungan lagi di address bar.

fitur pencarian tersembunyi google
2. Site
Anda juga bisa mencari artikel atau informasi yang ada di google dalam satu website dengan menggunakan site. Contoh anda ingin mencari kost di daerah binus jakarta di website kaskus, anda hanya menambahkan site di bagian paling akhir keyword tersebut  atau mengetikan seperti ini di google "kost di daerah binus kemanggisan site:kaskus.co.id" lalu secara otomatis google akan menampilkan pencarian yang hasil penelusurannya semuanya berdasarkan situs kaskus.

fitur pencarian tersembunyi google

3. Mencari File
Selain mencari file di beberapa situs penyedia file hosting, anda juga bisa mencari file di google dengan memfilter keyword dengan filetype. Misal anda ingin mencari file dokumen yang berformat pdf atau ebook tentang pemrograman web seperti html,css dan javascript maka anda harus mengetik ini di pencarian google "ebook html beginner filetype:pdf" itu ebook kebanyakan bahasa inggris bagi yang ingin mendapat ebook bahasa indonesia bisa menggunakan kata kunci seperti ini "ebook html dasar filetype:pdf" maka google akan hanya menampilkan pencarian file file pdf saja di hasil pencariannya.

fitur pencarian tersembunyi google

4. Mencari Jadwal Penerbangan
Apabila anda ingin mencari jadwal penerbangan, anda juga bisa juga dapat mencari informasi tentang jadwal penerbangan dengan mengetik kode penerbangan saja di kotak mencarian google. Misal, anda mencari jadwal penerbangan american airlines, anda harus mengetik kode penerbangannya saja di google maka google akan menampilkan kode penerbangan di laman paling atas sendiri, ini untuk contoh keywordnya "AA 355" maka secara otomatis kode penerbangan muncul di laman atas pencarian google.

fitur pencarian tersembunyi google

5. Mengetahui Cuaca
Bagi yang ingin mengetahui cuaca di kota sendiri atau di kota yang lain anda juga bisa mencarinya di google dengan cara menambahkan kata kunci weather dan di ikuti tanda bintang serta nama kota. Contoh anda ingin mengetahui perkiraan cuaca di kota jakarta pada hari ini, maka anda harus mengetik kata kunci ini di pencarian google "weather *jakarta*" maka secara otomatis google akan memperlihatkan hasil penelusuran di bagian paling atas sendiri.

fitur pencarian tersembunyi google
6. Konversi
Di Google anda juga bisa menkonversi unit satuan seperti konversi mata uang, suhu, temperatur, jarak, berat, dan lain sebaginya dengan cara mengetikan unit yang akan di konversi ke dalam satuan yang lain. Misal, anda ingin mengkonversi mata uang usd ke dalam rupiah atau di kenal dengan sebutan idr, maka anda harus mengetik kata kunci ini di google "1 usd to idr" maka google akan otomatis menampilkan hasil penelusuran di halaman paling atas sendiri.

fitur pencarian tersembunyi google

7. Terjemahan
Memang di Google untuk terjemahan sudah ada sejak dulu, dengan mengandalkan google translate anda dengan mudah bisa menerjemahkan kata atau bahasa asing yang belum pernah anda dengar sebelumnya, menurut saya google translate adalah tempat paling cocok belajar bahasa inggris karena kemampuan bahasa inggris saya bisa terbantu dengan google translate ini dengan cara menerjemahkan kata yang asing dan ketika sudah maka akan saya kumpulkan di dalam daftar vocab saya, oke kok jadi curhat gini. Oke balik lagi ke topik, bagi yang tidak ingin membuka google translate atau yang ingin secara cepat untuk translate kata maka anda harus mengetik kata kunci ini di google "translate aku kangen kamu to english" maka akan muncul hasil pencarian tentang terjemahan tersebut di dalam cuplikan paling atas.

fitur pencarian tersembunyi google

Mungkin, untuk kali ini cuma beberapa informasi ini yang telah saya dapat dan hasilnya berhasil, mungkin masih banyak lagi hasil pencarian google yang tersembunyi, untuk fitur terbaru saya akan segera mengupdatenya disini.

Oke, mungkin cukup sekian penjelasan saya mengenai pencarian tersembunyi google, bagi yang merasa membantu silahkan di share, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Fitur Pencarian Yang Tersembunyi Di Google Terbaru