Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Friday, June 17, 2016

Perbedaan Wordpress Gratis Dan Self Hosted Untuk Ngeblog

Perbedaan wordpress gratis dan self hosted - Bagi sobat yang ingin membuat blog khususnya di wordpress anda akan mendapat dua pilihan yaitu mau wordpress hosted atau self hosted, perbedaan yang sangat menonjol dari kedua cms di atas adalah dari segi harga, kalau wordpress hosted adalah gratis dan di hosting oleh wordpress.com sedangkan wordpress self hosted gratis di unduh di wordpress.org untuk cms nya dan kita harus mengeluarkan sedikit uang untuk membayar hosting.

Perbedaan Wordpress

perbedaan wordpress gratis dan self hosted

Sebenarnya saya dulu tidak begitu mengetahui tentang ini, pada waktu pertama bikin blog saya hanya mengetahui tentang blogger saja karena ini adalah platform blogger powerfull dari google, banyak yang bilang anaknya simbah google hahaha.

Nah, setelah lanjut menelusuri forum forum diskusi tentang internet marketing akhirnya saya tahu selain blogger ada banyak platform content management system atau cms yang lebih powerfull dan sangat di rekomendasikan untuk blog maupun seo yaitu wordpress, kebanyakan para mastah im menggunakan ini untuk bertempur di search engine, hahaha.

Saya dulu sangat tidak tertarik dengan wordpress karena saya dulu menemukan blog yang membahas wordpress ini disana di katakan kalau wordpress hosted fiturnya sangat terbatas dan tidak bisa menerapkan kode iklan ke blog, anda tau kan pendapatan kebanyakan para blogger dari mana? ya dari penyedia iklan atau iklan mandiri dan ada juga yang menerapkan iklan affilate ke blog mereka.

Setelah saya selidiki, akhirnya saya menemukan titik cerah mengenai kedua cms ini dan akhirnya saya jatuh cinta tepat di pelukan wordpress.org dan akhirnya saya mempunyai 2 kekasih yaitu blogger dan wordpress, apa titik cerahnya? karena dulu saya hanya mengetahui wordpress hosted saja sedangkan self hosted saya tidak tahu, setelah saya selidiki lagi wordpress self hosted mempunyai banyak fitur terutama yang membuat saya tertarik adalah dari plugin serta theme yang bisa di rubah rubah sesuai selera hanya dengan satu klik saja, oke balik lagi ke topik. Di bawah ini akan saya jelaskan beberapa perbedaan wordpress gratis dan self hosted serta kekurangan dan kelebihannya.

Wordpress Gratis

Sama halnya dengan blogger, kedua platform ini sama sama di hosting oleh situs officialnya, wordpress hosted di hosting oleh wordpress.com, dimana kita bisa membuat artikel semau kita tetapi di wordpress hosted beberapa fitur yang tersedia di wordpress self hosted tidak ada seperti pemilihan tema atau plugin, tetapi anda bisa kok mengaktifkan fitur tersebut dengan cara upgrade ke premium, untuk pilihan premium di wordpress sudah di jelaskan fitur fiturnya, untuk yang paket basic atau paket yang paling kecil adalah paket premium dengan harga sekitar $8.52 kalau di rupiahkan bisa sekitar 100 ribu an, itu biaya perbulannya kalau pertahun bisa lebih dari itu dan biaya paket tertinggi adalah paket bussines dengan harga perbulan $24.25 atau di rupiahkan bisa mencapai 300 ribu an, wow fantastis sekali. Mungkin harga bisa berubah ubah sesuai berjalannya waktu bagi yang ingin mendapatkan harga paket terbaru dari wordpress hosted silahkan kunjungi wordpress hosted pricing.

Berikut adalah keuntungan menggunakan wordpress hosted atau wordpress gratis dari wordpress.com yaitu :
  • Gratis selamanya.
  • Seo sudah di optimalkan oleh wordpress sendiri jadi anda tinggal posting, selesai deh.
  • Tidak perlu membayar domain karena sudah mendapat subdomain dari wordpress.com. 
  • Tidak perlu menyewa hosting karena sudah disediakan oleh wordpress sendiri.
  • Tidak perlu menginstall cms lagi karena sudah otomatis di sediakan oleh wordpress.
  • Tidak perlu membackup karena sudah terbackup otomatis dari wordpress.
  • Cocok untuk blog pribadi atau sekedar berbagi pengalaman.
Setelah mengetahui keuntungan, sekarang saya akan menjelaskan tentang kekurangan wordpress hosted atau wordpress gratis yaitu :
  • Tidak bisa membuat toko online karena fitur plugin dan theme tidak bisa digunakan.
  • Tidak bisa memilih domain sesuai selera karena ketika domain yang anda targetkan ke situs sudah di gunakan orang lain otomatis anda tidak bisa mendaftarkannya.
  • Space atau hard disk untuk penyimpanan data data di cms terbatas.
  • Ada iklan dari wordpress sendiri.
  • Tidak bisa mengganti tema sesuai keinginan.
  • Tidak bisa meng custom design tema yang di gunakan.
  • Tidak bisa menyimpan file di wordpress hosted.
  • Dukungan support sangat terbatas karena hanya support dair komunitas saja.
Nah sekian penjelasan saya mengenai wordpress hosted, sekarang akan lanjut ke wordpress self hosted yaitu kita harus mengunduh cms open source nya terlebih dahulu sebelum di gunakan ke blog.

Wordpress Self Hosted

Nah hal ini berbeda dengan wordpress hosted, wordpress hosted di hosting oleh situs official wordpress yaitu wordpress.com sedangkan wordpress self hosted di hosting mandiri, mengapa di sebut self hosted? karena wordpress self hosted adalah content management system atau cms yang harus di unduh dahulu di situs komunitas wordpress yang beralamat di wordpress.org dan kita mau tidak mau harus beli hosting dan domain untuk meng online kan situs tersebut, tapi jangan khawatir hosting itu tidak mahal mahal banget kok, kita tengok penyedia hosting indonesia kebanyakan hosting indonesia lebih tepatnya paket shared hosting harganya sekitar Rp.50.000,- untuk satu bulannya itu untuk paket shared hosting, sedangkan untuk resource hosting yang berskala lebih besar yaitu vps hosting harganya sekitar Rp.100.000,- untuk satu bulannya, nah silahkan pilih mana yang cocok sesuai budget anda.

Bagi yang masih bingung mengenai shared hosting dan vps hosting saya akan memberi penjelasan sesuai nalar, shared hosting adalah hosting yang di gunakan secara bersama sama atau lebih tepatnya satu server di gunakan oleh gerombolan website website yang di hosting sedangkan vps hosting adalah milik sendiri yaitu satu server di gunakan sendiri karena ketika kita membeli vps hosting kita akan mendapat ip untuk server. Nah untuk domain, yang tld dulu deh yaitu com net org harganya sekitar $10 atau kalau di rupiahkan sekitar Rp. 150.000 an, cukup murah kok kalo domain, dengan harga $10 kita bisa mendapatkan satu domain dengan expired sekitar satu tahun, kalau mau yang lebih murah yaitu domain dari pandi yang berekstensi id, web id, or id maupun co id.

Berikut adalah keuntungan menggunakan wordpress self hosted untuk blogging, yaitu :
  • Akses penuh ke dalam cms blog yaitu kepemilikan blog adalah 100% milik anda.
  • Fitur fitur dalam wordpress.com yang tidak bisa di gunakan kini bisa di gunakan di wordpress self hosted yaitu plugin dan theme.
  • Tersedia ratusan ribu tema tersebar di internet baik dari situs komunitas wordpress maupun situs yang lain.
  • Bebas memasang iklan sendiri maupun konten yang akan di buat di blog.
  • Sangat bagus untuk toko online yang menggunakan cms wordpress karena tersedia banyak plugin maupun tema yang mendukung toko online.
  • Bisa bebas mengelola server yang di gunakan untuk menghosting wordpress self hosted.
  • Bisa mengupload file ke wordpress self hosted melalui bantuan ftp atau sejenisnya.
Setelah mengetahui keuntungan menggunakan wordpress self hosted, saya akan menjelaskan kerugian dari wordpress self hosted, yaitu : 
  • Anda harus paham mengenai pengelolaan situs wordpress yang anda hosting.
  • Budget yang cukup mahal untuk membayar biaya sewa hosting maupun server serta pembayaran domain.
  • Anda harus membackup sendiri situs sendiri, kalo ini sih optional karena sudah di sediakan oleh layanan web hosting pada umumnya.
  • Situs bisa rawan down karena hosting yang anda gunakan, hal ini bisa di antisipasi dengan cara memilih server hosting yang berkualitas.
  • Perlu tenaga ekstra untuk membangun blog di wordpress maupun pengelolaan tahap awal.
Mungkin hanya itu tentang kelebihan dan kelemahan wordpress self hosted, bagi yang ingin menambahkan silahkan berkomentar, kalau ada waktu luang saya akan mengupdate artikel sesuai pendapat anda. Bagi yang bingung memilih antara kedua pilihan dari cms wordpress yang saya jelaskan di atas silahkan mencobanya terlebih dahulu, saya sarankan sih wordpress.com itu cocok untuk anda untuk belajar blogging menggunakan wordpress serta memahami interface dari wordpress sendiri nah ketika anda sudah sangat paham baru anda menyewa hosting sendiri untuk menghost situs wordpress anda. Oh iya hampir lupa bagi yang ingin mencoba wordpress self hosted silahkan unduh cms nya di sini wordpress comunity.

Oke, udah cukup panjang tulisan yang saya buat disini mengenai perbedaan wordpress gratis dan self hosted semoga anda bisa membacanya karena tulisan saya tidak sesuai eyd karena saya sebetulnya kurang mahir dalam menulis tapi saya sudah berusaha semampu saya untuk memberikan konten konten yang berkualitas untuk pengunjung blog ini, bagi yang ingin membuat blog di blogger silahkan baca artikel berikut cara membuat blog di blogger, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Wordpress Gratis Dan Self Hosted Untuk Ngeblog