Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Wednesday, June 22, 2016

Struktur Dasar Template Blogger

Ini adalah hal yang paling mendasar yang harus di ketahui oleh anda yang ingin membuat template blog atau yang ingin mendesign ulang template blogger. Sebelum anda mulai mendesign anda harus dan di wajibkan mengetahui tentang struktur dasar template blogger ini agar ketika anda membuat atau mendesign template tidak kebingungan dengan bagian bagian template.

Struktur Dasar Template Blogger


Sebelum merancang template memang anda di haruskan untuk mengetahui struktur struktur template dari header sampai footer, mungkin setiap template tidak sama rancangannya tetapi anda harus tahu hal dasar terlebih dahulu agar ketika merancang template yang sama sekali tidak sesuai yang ada di blog ini maka anda akan paham dengan sendirinya.

Dengan adanya pengetahuan dasar tentang ini saya harap anda bisa membuat template sesuai selera anda baik dari segi user experience yang sulit maupun yang gampang, nah sebelum saya menjelaskan struktur dasar template blogger saya akan menjelaskan tentang beberapa bagian pada template yang jelas strukturnya pada umumnya adalah terdiri dari header, post atau main, sidebar dan footer.

Struktur Dasar Template Blogger

Untuk lebih jelasnya tentang struktur dasar template saya akan memberikan gambar hasil layout saya di bawah ini, silahkan lihat.


Nah, setelah anda melihat dari struktur dasar tersebut mungkin anda masih juga membutuhkan penempatan kode html yang benar untuk membuat template, silahkan lihat blockquote di bawah ini mengenai penulisan kode html.
<html>
<head>
<title>Struktur Dasar Template Blogger</title>
</head>
<body>
<div id ="wrapper">
<header id ="header-wrapper">
</header>
<div id ="main">
<aside id="content">
</aside>
</div>
</aside id="sidebar">
</aside>
<footer id ="footer-wrapper">
</footer>
</div>
</body>
</html>
Mungkin anda juga masih bingung mengenai penulisan kode tersebut, memang kode tersebut adalah hasil analisa saya dan hasil imajinasi saya sendiri, mungkin susah di pahami karena saya juga masih baru di bidang ini, tetapi saya akan menjelaskan dari struktur tersebut, silahkan simak.

Untuk penjelasan tentang struktur dasar template blogspot saya telah membagi menjadi beberapa bagian di antaranya yaitu:
  • Body : body adalah blog paling luar dari wrapper atau pembungkus bagian bagian terpenting dari blog, pada dasarnya memang merupakan seluruh layar dari komputer.
  • Wrapper : bagian ini adalah bagian yang membungkus seluruh bagian template mulai dari header, main, sidebar dan footer di bungkus oleh wrapper. Secara umum wrapper memang di gunakan untuk menempatkan blog blog paling kecil yang ada di dalamnya.
  • Header : bagian ini adalah bagian paling atas template, header juga memiliki sub bagian di antaranya adalah title atau judul header dan deskripsi header serta mungkin ada penambahan widget lagi di dalamnya.
  • Main : bagian ini adalah bagian bawah dari header yang fungsinya untuk membungkus bagian content dari blog.
  • Content : bagian ini berfungsi sebagai bagian yang sangat penting dari blog yaitu bagian pembungkus dari blog posting, pada umumnya bagian ini berisi tentang title atau judul konten, deskripsi konten, informasi informasi tentang penulisan konten atau artikel.
  • Sidebar : nah bagian ini adalah bagian di samping main atau content, bagian ini pada umumnya berisi tentang widget widget yang ada di blog,  untuk sidebar bisa bermancam macam penempatannya mulai dari kiri atau ke kanan maupun keduanya.
  • Footer : nah hal yang terakhir adalah footer, bagian ini memiliki fungsi mirip dengan header, nah bagian ini pada umumnya berisi informasi informasi yang ada di blog seperti copyright, halaman penting blog, maupun credit link template.
Nah, setelah mengetahui tentang bagian bagian penting dari struktur dasar template blogger pada umumnya mungkin anda sudah bisa membuat template dari sekarang sesuai ide dan kreativitas masing masing. Nah, bagi yang ingin membuat template blog saya menyediakan kerangkanya di artikel ini kerangka dasar template blog.

Penutup

Sekian penjelasan saya mengenai penjelasan tentang struktur dasar template blogger, bagi yang masih bingung atau merasa kesulitan silahkan tinggalkan komentar pada blog ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa share kepada semua teman anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Struktur Dasar Template Blogger

1 komentar:

  1. jadi paham saya sekarang , mas. meskipun sudah agak lama ngeblog tapi baru kali ini memperhatikan tentang struktur dasar template blog

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai topik yang saya bahas di atas, selalu patuhi rules yang ada di blog ini, hanya komentar cerdas yang saya aprove, komentar yang bermaksud untuk spam tidak akan saya publish, jadilah pembaca yang baik, terima kasih.