Tempat berbagi tutorial dan pembahasan mengenai dunia blogging, seo, coding dan bisnis online

Friday, June 10, 2016

Ini Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung Yang Perlu Anda Pahami

Penyebab blog sepi pengunjung - Mungkin bagi anda yang sekarang fokus ke dunia blogging pasti hal yang membuat anda bingung adalah visitor, ya apa gunanya membuat blog tanpa adanya visitor? nah hal ini akan saya jelaskan di bawah agar anda tahu penyebab serta cara menangani blog yang sepi pengunjung, jadi silahkan di simak.

  Kenapa Blog Sepi Pengunjung

penyebab blog sepi pengunjung

Faktor utama dari visitor blog adalah keaslian konten atau artikel yang anda buat serta konten yang berkualitas tinggi, nah disini saya akan jabarkan mengenai jenis jenis pengunjung, yang pertama adalah pengunjung baru atau pengunjung yang datang dari organic search atau searh engine, mereka datang karena blog anda ada di halaman google, kebanyakan para pengunjung meng klik antara halaman paling atas urutan pertama sampai ke 5, itu berdasarkan pengalaman saya. Yang kedua adalah pengunjung lama atau pengunjung setia, mereka datang karena blog anda mempunyai ciri khas di mata mereka, sejatinya mereka adalah fans anda, maka jangan sekali kali membuat fans anda kecewa, mereka bisa datang melalui bookmark, rss feed, atau email newsletter blog anda.

Nah, saya harap anda sudah bisa memahami jenis jenis pengunjung, sekarang balik lagi ke topik. Hal yang anda harus lakukan ketika blog sepi pengunjung adalah mengkoreksi blog terlebih dahulu, dan cari tahu penyebab blog sepi pengunjung, seperti konten kurang menarik, konten hasil copy paste, tampilan berantakan, kurang paham mengenai cara seo yang benar atau kurang user friendly. Nah untuk membahas masalah ini saya akan menjabarkan beberapa point-point di bawah.

Kenapa Blog Tidak Ada Pengunjung

1. Kurang Memahami Apa Itu Seo Sebenarnya
Ya hal ini adalah hal yang paling penting dari blog anda, percuma anda membuat artikel banyak tetapi anda tidak tahu bagaimana caranya blog anda bisa berinteraksi dengan mesin pencari. Seo terbagi atas dua hal dasar yaitu,  seo on page dan seo off page. Arti dari seo itu apa sih? Menurut pemikiran saya, seo atau search engine optimization atau bahasa indonesianya adalah optimasi mesin pencari, seo adalah cara atau serangkaian proses yang di lakukan untuk mendapat pengunjung website baik dari mesin pencari atau yang lain. Untuk masalah seo kalau saya jelaskan disini hal ini bisa membuat artikel ini menjadi sangat panjang, jadi untuk mempelajari seo silahkan download pdf nya disini panduan memulai optimasi mesin telusur.
2. Jumlah Artikel
Hal ini adalah pondasi dari sebuah blog anda apa gunanya membuat blog tapi anda tidak konsisten membangunnya? mending jangan deh hal ini bisa membuang buang waktu anda secara percuma, beda dengan orang yang fokus mengembangkan blog mereka dan menjadikan blog mereka adalah hobby keseharian. Faktor penentu untuk artikel anda muncul pada halaman pertama google adalah dari jumlah artikel yang ada di blog dan seberapa berkualitas kan konten yang anda sajikan untuk pengunjung, jadi semisal anda membuat blog konsistenlah membangun blog anda, minimal luangkan waktu menulis blog walau satu artikel pun untuk sehari, dan lakukan secara berulang ulang sampai blog anda bisa mendapat ribuan visitor.
3. Loading Berat
Hal ini adalah yang paling banyak kasusnya blog yang loading nya berat bisa berdampak buruk terhadap seo, karena selain berdampak buruk  pada seo, hal ini bisa berdampak buruk bagi pengunjung karena mereka telah menunggu lama untuk loading blog anda. Cara menangani masalah ini adalah, silahkan pergi ke gtmetrix, di link berikut gtmetrix setelah itu silahkan isi dengan url blog anda yang mau anda cek lalu ketika sudah maka akan muncul hasil analisa dari gtmetrix, silahkan cari penyebab dari loading blog anda terlalu berat lalu benarkan dengan hati hati. Untuk rating dari gtmetrix, rate A dan B adalah rate yang sangat bagus, selain rate tersebut, sangat di anjurkan untuk di perbaiki baik dari javascript yang membuat loading blog berat serta css. Saran saya, copot widget yang tidak perlu.
4. Navigasi Berantakan
Blog yang mempunyai navigasi yang tidak terstruktur atau berantakan akan berakibat buruk bagi mesin pencari, hal ini bisa menyebabkan blog anda terlihat buruk di mesin pencari, navigasi berantakan bisa meningkatkan blounce rate anda, karena ketika pengunjung sulit menemukan menu navigasi blog anda otomatis pengunjung akan meninggalkan blog anda, solusi untuk masalah ini adalah anda membuat menu daftar isi atau sitemap, serta jangan lupa juga membuat kotak pencarian di blog serta membuat menu navigasi di sidebar atau di header blog, ingat menu navigasi yang baik adalah menu navigasi yang mengarah ke posting atau ke bagian terpenting dari blog dan jangan sesekali memasukan label ke dalam menu navigasi.
5. Kurang Riset Kata Kunci
Nah inilah penjelasan terakhir dari beberapa point di atas, yap riset keyword, sebelum ke bagian terpenting saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang riset keyword, riset keyword adalah dimana anda mencari kata kunci untuk postingan blog anda, nah itu penjelasan sederhana dari saya, nah untuk keyword di bagi menjadi macam macam, yaitu short tail keyword, long tail keyword, keyword abadi dan keyword musiman, contoh dari short tail keyword adalah pengunjung blog, contoh dari long tail keyword adalah cara meningkatkan pengunjung blog, contoh dari keyword abadi adalah cara mengatasi sakit gigi, dan terakhir contoh dari keyword musiman adalah, hasil pertandingan manchester united vs manchester city.

Sekian penjelasan dari saya mengenai penyebab blog sepi pengunjung, dan jangan lupa share agar mereka tahu bagaimana cara mengasi blog sepi pengunjung, semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Penyebab Blog Anda Sepi Pengunjung Yang Perlu Anda Pahami